Re: Fwd: Ide Cak Rosyid

Assalamu'alaikum wr. wb.

> Saya sendiri adalah tukang fisika, dengan profesi sebagai produser
> 'FILM'. Nah, untuk sementara ini kalau ada companion yang juga menekuni
> bidang 'PER-FILEMAN' (sama-sama anggota PARFI), boleh lah kita keep in
> touch. Saya juga tertarik dengan bidang Cak Sofyan (Raman scattering),
> untuk itu saya ingin tahu alat yang U pakai yaitu :
> - paramater apa yang bisa diukur (untuk thin film, bulk, etc material)
> - range frequency / energy yang bisa dioperasikannya ?

Wah, ternyata mas Hariyadi mau jadi Produser (apa produsen??) 'thin film'
tho...:))).
Peralatan yang di Lab. saya sebenarnya sudah sangat tua, dua alat
yang penting adalah, pertama 'Argon Laser' dan kedua
'Double-Monochromator' yang sudah sangat tua, dulu bekas milik Berlin
Timur di Humboldt-Universitaet , setelah Jerman bersatu, kebetulan
alat tsb nganggur, dan kemudian dibeli oleh pembimbing saya
seharga 2,- DM !!
November ini akan datang peralatan yang baru (baru dibeli).

Dari spektrum Raman, parameter yang penting adalah konsentrasi sampel,
suhu, jenis sampel tentu saja, serta ukuran dan bentuk dari butiran perak
(ada pula yang menggunakan larutan emas, NaCl) hmmm.....apa lagi ya???

Range energi, yang sudah pernah saya lihat di lab. , adalah berkisar
antara 700 sampai 1600 per cm !!

Lebih detailnya belum banyak informasi yang saya peroleh, jadi mohon
dikoreksi kalau ada kesalahan ataupun tambahan dari rekan-rekan sekalian.

Untuk Pak Oktova, ini ada peserta baru yang mau ikut milis Fisika :

	Nama   : Cuk Imawan,
	alamat : FMIPA UI Depok, Jurusan Fisika
        e-mail : cukimaw@hotmail.com,
        tema   : METAL OXIDES FOR GAS SENSORS.