Kampungku

Ass.wr.wb.

Saya punya cerita.
Begini :

Dulu saya tinggal di suatu kampung. Sebenarnya kampung tersebut
tidaklah menarik untuk diceritakan di sini karena selain transportasi
susah, juga keadaannya yang serba kurang. Namun ada sesuatu yang patut
untuk diceritakan
di sini yang bersinggungan dengan kampung itu. Di kampung itu hidup
sejenis tanaman
yang menurut orang-orang di sana sangat fenomental karena selain dapat
dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, juga dapat
dipakai untuk bumbu berbagai
macam masakan. Orang-orang di situ sangat bangga dengan tanaman itu dan
menyebutnya
sebagai tanaman dari segala tanaman dan ada juga yang menyebutnya
sebagai
puncak dari semua tanaman yang ada di bumi.
Karena ingin ganti suasana dan rasa ingin tahu, saya mencoba pindah ke
kampung
sebelah. Saya sempat kaget, ternyata tanaman yang dibanggakan oleh
orang-orang di
kampung saya yang lama tumbuh juga bersama tanaman lain yang masih
sekeluarga.
Bahkan orang-orang di kampung yang baru itu selain telah lama mengenal
kasiat dari
berbagai jenis tanaman yang tergolong dalam keluarga tanaman itu juga
telah mengenal
setruktur silsilah dari tanaman-tanaman dalam keluarga itu. Dan tanaman
yang dibanggakan di kampung saya yang lama tidaklah lebih istimewa dari
yang lain.

Para fidikawan dan calon fisikawan,

Mekanika Kuantum adalah hasil dari suatu proses yang disebut proses
pengkuantuman
kanonis (Dirac dalam The Principle of Quantum Mechanics).
Berbagai macam prosedur pengkuantuman telah diajukan (pengkuantuman
Geometric,
pengkuantuman Sthocastic, pengkuantuman Borel dll) guna menjadi
prosedure
pengkuantuman yang lebih umum dari yang kanonis serta mengeliminir
kelemahan-kelemahan yang ada pada pengkuantuman kanonis.
Pada hakekatnya semua proses pengkuantuman itu adalah teori representasi
aljabar Lie
(Lie algebra) di ruang Hilbert (Tentu ada representasi aljabar Lie di
ruang
linear yang lain, ruang Banach misalnya) yang telah lama dikenal di
"kampung" Mathematik. Dan di "kampung" ini, the representation theory of
Lie algebra bukanlah
hal yang lebih istimewa dari yang lain.

Wassalam
<M|FR>